Langkah menurunkan kadar kolesterol jahat

kadar kolesterol jahatApa saja langkah menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa dilakukan agar terhindar dari ancaman serangan jantung? Memang harus diakui, di saat segala sesuatu serba instan, manusia seperti dipaksa untuk mempraktekkan gaya hidup yang tidak sehat. Banyak orang yang kemudian malas untuk berolahraga, melakukan aktivitas fisik, makan makanan sehat atau menjaga gaya hidup sehat. Berbagai kebiasaan buruk yang kita lakukan kemudian berujung pada gangguan kesehatan, termasuk meningkatkan kadar kolesterol jahat yang notabene merupakan penyebab penyakit jantung dan stroke. Padahal, jika kita bersedia untuk berkorban untuk menyisihkan sedikit waktu dan menjaga gaya hidup sehat, resiko terkena serangan jantung dan stroke dapat ditekan seminimal mungkin.

Dengan berpedoman bahwa mencegah lebih baik daripada melindungi, maka alangkah baiknya jika kita melakukan beberapa langkah menurunkan kadar kolesterol jahat berikut:

  1. Hindari makanan yang dapat menyebabkan kolesterol naik yaitu berbagai jenis makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans dan berkolesterol. Lemak jenuh banyak terkandung dalam berbagai olahan makanan yang berbahan baku daging hewan, utamanya pada bagian gajih (lemak). JIka mengkonsumsi daging ayam, sebaiknya buang kulitnya. Lemak trans lebih jahat dari lemak jenuh dan banyak ditemukan pada produk makanan cepat saji. Makanan berkolesterol tidak serta merta meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Akan tetapi, untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi, sebaiknya bahan makanan yang mengandung kolesterol seperti kuning telur, telur puyuh, hati, jeroan, kerang dan yang lainnya dihindari.
  2. Tingkatkan konsumsi makanan penurun kadar kolesterol. Jika ingin menggoreng, maka sebaiknya gunakan minyak zaitun, wijen, minyak kelapa virgin atau minyak ikan. Teh hijau, alpukat, delima atau yang lainnya juga diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.
  3. Berolahraga secara teratur juga diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Olahraga secara efektif akan membakar lemak dan kalori di dalam tubuh yang secara otomatis menekan kadar kolesterol.
  4. Perbanyak minum air putih juga akan meningkatkan metabolisme yang juga akan melunturkan lemak dan kolesterol.
  5. Kelola stress dengan baik agar perubahan hormonal yang dapat memicu penurunan kolesterol baik dapat dicegah.
  6. Hindari rokok, minuman beralkohol dan bersoda yang selain dapat menurunkan kadar kolesterol baik juga akan meningkatkan kadar gula darah.

Langkah menurunkan kadar kolesterol jahat selanjutnya adalah dengan konsumsi obat herbal madu hitam pahit. Madu hitam pahit diketahui memiliki banyak kadungan nutrisi penting yang dapat membantu menekan kadar kolesterol jahat penyebab serangan jantung dan stroke.