Buah-buahan penurun kolesterol

buah buahan penurun kolesterolKolesterol menjadi berbahaya jika kadarnya melebihi level normal dan jumlah LDLnya lebih banyak daripada jumlah HDLnya. Untuk menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi, bisa dengan berbagai macam obat-obatan yang tersedia di apotek. Namun, mengkonsumsi buah-buahan penurun kolesterol dianggap lebih baik daripada obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik. Buah-buahan segar, terutama yang dikonsumsi tanpa tambahan gula, pemanis buatan, susu, atau bahan-bahan lainnya tidak mengandung kolesterol sehingga tidak akan menambah masalah kolesterol yang dialami. Beberapa buah-buahan memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan senyawa baik lainnya yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Serat dalam buah-buahan segar juga bisa membantu menurunkan kolesterol.

Dari berbagai macam jenis buah, ada beberapa buah yang sangat berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol. Anggur, tomat, dan alpukat adalah tiga contohnya. Anggur mengandung senyawa flavonoid dan catechin sedangkan tomat mengandung likopen, kalium, dan vitamin B yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk alpukat, beberapa orang salah mengartikan bahwa alpukat adalah buah yang tidak baik karena mengandung lemak tinggi.

Memang benar bahwa alpukat mengandung lemak tinggi tetapi lemak alpukat adalah lemak tidak jenuh yang sangat baik untuk tubuh. Yang penting adalah konsumsi alpukat tanpa tambahan gula dan susu. Selain ketiga buah diatas, buah-buahan penurun kolesterol yang lainnya adalah jeruk nipis, lemon, apel, delima, jambu merah, blueberry, dan mangga.

madu kolesterolKonsumsi buah secara teratur setiap harinya bisa membantu penderita kolesterol tinggi dalam menurunkan kadar kolesterol dan mencegah meningkatnya kadar kolesterol. Namun, untuk mempercepat penurunan kolesterol cobalah pengobatan menggunakan madu hitam pahit.Madu jenis ini mampu menurunkan kadar kolesterol dengan lebih cepat daripada buah-buahan penurun kolesterol. Jika anda menggabungkan konsumsi buah-buahan dengan konsumsi madu hitam pahit secara teratur, hasil yang didapatkan akan semakin maksimal. Madu hitam pahit juga bisa digunakan sebagai pencegahan naiknya kadar kolesterol dalam darah. Setelah kadar kolesterol darah diturunkan dengan madu hitam pahit, konsumsi madu hitam pahit bisa dilanjutkan untuk mempertahankan level normal kolesterol baik dalam tubuh dan tentunya tetap mengkonsumsi buah-buahan.