Makanan Pantangan Kolesterol

makanan pantangan kolesterolKetika kadar kolesterol jahat (LDL) terlampau tinggi, berbagai gangguan kesehatan pun kemudian muncul. Bahkan dalam beberapa kasus, kolesterol yang berlebih tersebut dapat menyebabkan terjadinya komplikasi hingga kematian. Oleh karenanya, menggali informasi sebanyak – banyaknya terkait masalah kolesterol akan menjadi satu pegangan yang sangat berguna, utamanya untuk membantu menghindari dan menurunkan resiko terserang berbagai penyakit berbahaya tersebut. Ada berbagai penyebab mengapa kadar kolesterol jahat di dalam darah tinggi, salah satunya adalah asupan makanan yang dikonsumsi. Fakta yang berbicara bahwa 20% dari total kolesterol yang ada di dalam darah berasal dari makanan yang dikonsumsi, oleh karenanya mengetahui jenis makanan pantangan kolesterol akan sangat ,membantu dalam upaya untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol.

Lemak menjadi kunci untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol di dalam darah. Oleh karenanya, ragam makanan pantangan kolesterol didominasi oleh makanan yang banyak mengandung lemak serta minyak. Secara umum, lemak dibedakan menjadi 2 macam, yakni jenuh dan tak jenuh. Lemak jenuh harus dikurangi karena dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Sebagian besar lemak jenuh ditemukan pada bahan makanan yang berasal dari hewan seperti daging, jeroan, otak hingga kuning telur. Di samping itu, lemak trans yang banyak sekali ditemukan pada makanan olahan juga harus dihindari dan dikurangi. Selain mengurangi konsumsi bahan makanan yang tinggi lemak tak jenuh dan lemak trans-nya, sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sumber makanan yang tinggi lemak tak jenuh yang bisa didapat dari zaitun, alpukat, ikan, jagung, kedelai, almond dan kacang – kacangan.

Di samping mengurangi konsumsi bahan makanan yang merupakan makanan pantangan kolesterol dan mengkonsumsi bahan makanan sumber lemak tak jenuh, kita juga dapat menekan kadar kolesterol jahat dengan cara mengkonsumsi madu hitam pahit. Suplemen herbal yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat ini diketahui mengandung nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sekaligus memiliki kemampuan untuk menekan dan membuang kolesterol jahat. Mengkonsumsi madu hitam pahit secara teratur diketahui dapat menurunkan resiko terserang berbagai penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi dan membantu penyembuhan pasien penderita penyakit tersebut.