Sayuran untuk Penderita Kolesterol

sayuran untuk penderita kolesterolDalam menu sehat untuk penderita kolesterol, sayur-sayuran segar mengambil porsi yang cukup besar terutama jenis khusus sayuran untuk penderita kolesterol. Dengan kandungan serat yang tinggi disertai dengan berbagai nutrisi dan senyawa baik lainnya, sayuran adalah sahabat terbaik bagi penderita kolesterol yang ingin menurunkan dan menjaga kadar kolesterol normal secara alami tanpa obat-obatan sintetik produksi pabrik yang bisa mengakibatkan efek samping berbahaya. Tentunya, sayur-sayuran juga tidak mengandung kolesterol sehingga tidak perlu takut untuk mengkonsumsinya setiap hari.Namun, tentunya ada beberapa jenis sayuran yang mengandung lebih banyak zat yang berguna untuk menurunkan kolesterol.

Contoh pertama sayuran untuk penderita kolesterol yang benar-benar berkhasiat adalah bayam. Bayam mengandung serat dan lutein yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol buruk di dalam darah. Selain berkhasiat untuk kolesterol, bayam juga baik untuk kesehatan jantung, mata, dan tubuh secara keseluruhan sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita kolesterol. Kol atau kubis juga merupakan sayuran yang sangat baik untuk penderita kolesterol dengan kandungan serat, beta karoten, anti oksidan dan tidak adanya lemak trans. Selain sayuran untuk penderita kolesterol, kacang-kacangan seperti kacang merah, kedelai, kenari, dan almond yang mengandung serat dan lemak tidak jenuh yang baik bagi tubuh bisa ditambahkan pada menu. Tambahan lainnya adalah bawang putih yang dapat mencegah menempelnya kolesterol di dinding pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol darah.

Untuk melengkapi usaha menurunkan kolesterol darah secara alami, anda dapat menambahkan madu hitam pahit dalam daftar anda.Pengobatan menggunakan madu hitam pahit untuk masalah kolesterol tinggi telah lama diteliti dan telah terbukti khasiatnya.Madu hitam pahit yang dikonsumsi secara teratur dan dibarengi dengan konsumsi sayuran untuk penderita kolesterol akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan produksi kolesterol baik sehingga kolesterol tidak menyebabkan sakit tetapi membuat sehat. Masalah-masalah kesehatan yang dirasakan akibat kolesterol tinggi seperti pusing kepala, pegal, kesemutan, dan rasa sakit di dada akan berkurang. Sakit jantung, terutama serangan jantung dapat dicegah sehingga penderita dapat hidup dengan lebih baik dan beraktivitas secara normal tanpa adanya keluhan kesehatan.