Gejala Penyakit Kolesterol

gejala penyakit kolesterolKolesterol merupakan salah satu senyawa atau zat yang menyerupai lemak di dalam tubuh kita. Kolesterol memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh namun bila kadarnya berlebihan akan menimbulkan gangguan penyakit. Ada beberapa gejala penyakit kolesterol yang bisa dikenali oleh penderitanya, namun untuk mendapatkan kepastian lebih lanjut, tes darah untuk mengukur kadar kolesterol tetap perlu dilakukan.  Gejala-gejala ini tidak selalu muncul oleh karenanya perlu dilakukan tes darah secara teratur (minimal setiap 5 tahun sekali) untuk mendeteksi secara dini penyakit ini.

Gejala-gejala Penyakit Kolesterol

Untuk bisa mengenali gejala penyakit kolesterol itu sendiri, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Bila gejala ini muncul, maka perlu segera dilakukan pemeriksaan dan juga tindakan lebih lanjut. Berikut ini adalah gejala-gejala yang kemungkinan besar menunjuk pada kadar kolesterol tinggi dalam darah, yaitu:

  • Munculnya bercak-bercak kuning tebal pada siku, tumit dan juga kelopak mata
  • Sering merasa sakit kepala dan pegal-pegal. Hal ini disebabkan oleh adanya penumpukan lemak pada pembuluh darah dan mengganggu kelancaran darah.
  • Kurang lancarnya peredaran darah juga membuat penderitanya mudah merasa lelah dan juga mengantuk
  • Kesemutan yang juga disebabkan oleh tidak lancarnya peredaran darah

Berbagai gejala seperti yang disebutkan diatas adalah gejala yang cukup umum dan bisa juga menjadi indikasi adanya penyakit lain. Tes darah untuk mengukur kadar kolesterol adalah satu-satunya cara untuk memastikan apakah individu tersebut menderita kolesterol tinggi ataukah tidak.

Pepatah mencegah jauh lebih baik daripada mengobati bisa diterapkan oleh siapapun, khususnya untuk mereka yang tidak ingin menderita kolesterol tinggi. Selain melakukan pola hidup sehat dan mengurangi konsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi, konsumsi madu hitam pahit juga bisa mengurangi resiko naiknya kadar kolesterol dalam darah dan tentu saja mengatasi berbagai gejala penyakit kolesterol itu sendiri. Madu hitam pahit adalah salah satu jenis pengobatan herbal untuk kolesterol karena mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Selain itu masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi madu hitam pahit secara teratur, terutama untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan tubuh.