Menu Makanan Pantangan Penderita Kolesterol

menu makanan pantangan penderita kolesterolKolesterol dianggap sebagai musuh bagi sebagian besar orang. Hal ini terjadi karena kolesterol dianggap menjadi biang keladi dari munculnya beberapa jenis penyakit berbahaya dan mematikan seperti stroke dan jantung koroner. Bagi anda yang sudah melakukan tes di laboratorium dan mendapati bahwa kadar kolesterol dalam darah anda tergolong tinggi jangan khawatir karena selama anda belum terserang penyakit jantung atau stroke, kondisi tersebut masih bisa dikendalikan dengan memahami menu makanan pantangan penderita kolesterol.

Kolesterol sebenarnya merupakan jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi vitamin D serta beberapa jenis hormon. Tubuh manusia sebenarnya bisa menyediakan kebutuhan kolesterol yang cukup. Namun ketika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, maka kadar kolesterol dalam tubuh akan terlalu tinggi sehingga hal inilah yang mendatangkan masalah kesehatan yang serius. Untuk mengatasinya, berikut ini adalah beberapa jenis menu makanan pantangan penderita kolesterol:

  1. Telur selama ini dianggap sebagai makanan sehat dan bergizi. Namun pada kenyataannya dalam kuning telur mengandung kurang lebih 2000 mg kolesterol. Angka ini tergolong sangat tinggi dan mengejutkan. Bahkan satu butir telur putuh bisa mengandung kurang lebih 3600 mg kolesterol. Untuk solusinya anda bisa mulai mengurangi konsumsi kuning telur dan hanya mengkonsumsi putih telur yang dimasak tanpa minyak. Putih telur kaya protein dan mengandung 0% kolesterol.
  2. Makanan laut yang dianggap bergizi seperti cumi ternyata juga mengandung kolesterol tinggi. Dalam beberapa gram cumi mengandung sekitar 1170 mg kolesterol.
  3. Otak sapi merupakan bagian jeroan yang mengandung paling banyak kolesterol. Beberapa gram otak sapi ini mengandung kurang lebih 2300 mg kolesterol.
  4. Menu makanan pantangan penderita kolesterol yang mengandung kolesterol jumlah sedang dan harus sedikit dikurangi adalah makanan bersantan, susu sapi, margarine, mentega, susu sapi full cream, jeroan, dan kerang.

Untuk mendukung keberhasilan diet kolesterol, anda bisa mengkonsumsi suplemen madu hitam pahit. Madu hitam pahit merupakan jenis madu yang unik dan memiliki khasiat yang lebih ampuh daripada madu biasa dalam hal menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.